Baksos Kesehatan Penanganan Stunting Masyarakat Sumur Ujung Kulon di Ketuai oleh dr. Arius MARS

0
397

aspetri.org -Sejumlah komunitas dan penggiat kesehatan mengadakan bakti sosial kesehatan masyarakat Sumur Ujung Kulon. Kegiatan bakti sosial kesehatan ini di ketuai oleh dr. Arius MARS.

Komunitas yang melaksanakan kegiatan ini terdiri dari Dokter dari IDI Wilayah Banten (Ikatan Dokter Indonesia), Perkedwi (Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia), IAI (Ikatan Apoteker Indonesia), Pengobat Tradisional dari ASPETRI (Asosiasi Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia), SRI (sahabat Relawan Indonesia) dan Kalbe Farma, AMS Klinik serta didukung oleh sponsor CIMB Syariah.

Baksos Kesehatan Arius MARS

Menurut dr Arius MARS kegiatan ini dilakukan dalam rangkaian peringatan hari kemerdekaan RI yang ke 78. Rangkaian kegiatn ini sudah berlangsung sejak bulan Juni 2023 yang di lakukan di daerah Baduy, Bulan Juli-Agustus di lakukan di daerah Tanjung Lesung dan sekitarnya.

Kegiatan bakti sosial ini bertujuan untuk menangani Stunting di Desa Sumur dan Ciparahu, Sumur Ujung Kulon. Kegiatan mencakup layanan kesehatan gratis untuk ibu hamil, edukasi tentang gizi dan obat-obatan, serta program bantuan sembako.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 9-10 September 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Sumur dan Ciparahu, Tanjung Leseng, Ujung Kulon.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengatasi masalah stunting yang berdampak pada pertumbuhan anak-anak dan untuk meningkatkan gizi ibu hamil, sehingga komunitas ini berkolaborasi untuk memberikan dukungan kesehatan dan nutrisi kepada penduduk setempat.

Baksos Kesehatan Arius MARS

 

Stunting adalah masalah kesehatan masyarakat global yang serius, terutama di negara-negara berkembang.

Istilah ini merujuk pada kondisi ketika anak-anak mengalami pertumbuhan tubuh yang terhambat akibat kekurangan gizi pada tahap-tahap awal kehidupan mereka.

Masalah ini memiliki dampak jangka panjang yang serius terhadap kesejahteraan individu dan masyarakat secara keseluruhan.

Kegiatan ini diawali dengan pembagian sembako ke pondok Darul Afkar. Tim medis memberikan layanan kesehatan gratis dan edukasi tentang nutrisi dan obat-obatan.

Baksos Kesehatan Arius MARS

Pengobat Tradisional dari ASPETRI juga memberikan konsep nutrisi tradisional yang bermanfaat. Program bantuan sembako diberikan kepada keluarga yang membutuhkan.

Al Anhar Gumay yang juga ketua umum ASPETRI menyambut baik dan memberikan apresiasi kegiatan bakti sosial ini. Selain memberikan bantuan untuk masyarakat uang membutuhkan, kegiatan ini juga bisa memberikan edukasi terhadap masyarakat.

“Terima kasih kepada dr. Arius MARS yang telah melibatkan ASPETRI dalam kegiatan ini.  Saya berharap kegiatan semacam ini bisa terus di laksanakan dan lebih banyak lagi elemen masyarakat yang melakukannya” tutur Anhar.

Dengan kolaborasi antara berbagai pihak dan kegiatan yang terstruktur, mereka berupaya memberikan dampak positif dalam penanganan stunting dan perbaikan gizi ibu hamil di komunitas tersebut.

sumber : https://www.humaniora.id/baksos-kesehatan-penanganan-stunting-masyarakat-sumur-ujung-kulon-di-ketuai-oleh-dr-arius-mars/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here