ALANG ALANG Obat Tradisional Untuk Ragam Penyakit

0
990
Alang Alang

Alang Alang Apabila terinjak daunnya yg baru tumbuh sakitnya minta Ampun

Akan tetapi sangay kaya manfaat

Obat Tradisional Untuk Ragam Penyakit

Yuk kita pahami manfaat Akar Alang Alang

Nama Latin

(Imperata cylindrica (L.)

Family: Poaceae

Nama Lokal:

NAMA DAERAH: Naleueng lakoe (Aceh); Jih (Gayo); Rih, Ri (Batak); Oo (Nias); Alalang, Hilalang, Ilalang (Minang kabau); Lioh (Lampung); Halalang, Tingen, Padang, Tingan, Puang, Buhang, Belalang, Bolalang (Dayak); Eurih (Sunda); Alang-alang kambengan (Jawa); Kebut, Lalang (Madura); Ambengan, Lalang (Bali); Kii, Rii (Flores); Padengo, Padanga (Gorontalo); Deya (Bugis); Erer, Muis, Wen (Seram); Weli, Welia, Wed (Ambon). NAMA ASING: Cogon grass, satintail (En). Paillotte (Fr). Malaysia: lalang, alang-alang. Papua New Guinea: kunai (Pidgin), kurukuru (Barakau, Central Province). Philippines: kogon (Tagalog), gogon (Bikol), bulum (Ifugao). Burma (Myanmar): kyet-mei. Cambodia: sb

 

Deskripsi:

Perawakan: herba, rumput, merayap, tinggi 30-180 cm. Batang: rimpang, merayap di bawah tanah, batang tegak membentuk satu perbungaan, padat, pada bukunya berambut jarang. Daun: tunggal, pangkal saling menutup, helaian; berbentuk pita, ujung runcing tajam, tegak, kasar, berambut jarang, ukuran 12-80 cm. x 35-18 cm. Bunga: susunan majemuk bulir majemuk, agak menguncup, panjang 6-28 cm, setiap cabang memiliki 2 bulir, cabang 2,5-5 cm, tangkai bunga 1-3 mm, gluma 1; ujung bersilia, 3-6 urat, Lemma 1 (sekam); bulat telur melebar, silia pendek 1,5-2,5 mm. Lemma 2 (sekam); memanjang, runcing 0,5-2,5 mm. Palea (sekam); 0,75-2 mm. Benang sari: kepala sari 2,5-3,5 mm, putih kekuningan atau ungu. Putik: kepala putik berbentuk bulu ayam. Buah: tipe padi. Biji: berbentuk jorong, panjang 1 mm lebih. Waktu berbunga: Januari – Desember. Daerah distribusi, Habitat dan Budidaya: Di Jawa tumbuh pada ketinggian sampai dengan 2700 m dpl, pada daerah-daerah terbuka atau setengah tertutup; rawa-rawa; pada tanah dengan aerasi yang baik; pada daerah-daerah yang habis dibuka; di tepi sungai; ekstensif pada hutan sekunder; daerah bekas terbakar; sebagai gulma

di perladangan; taman dan perkebunan. Tumbuhan ini dapat mempengaruhi tanaman kultivasi lain, karena kebutuhan natrium yang relatif tinggi. Perbanyakan: berkembang biak dengan sendirinya. Setiap saat rimpang dipanen dari tumbuhan yang telah matang. Rimpang yang baik berwarna pucat, berasa

 

manis dan sejuk. Alang-alang dapat menuyebabkan penurunan pH tanah. Besarnya penurunan pH dan hambatan terhadap proses nitrifikasi menunjukkan adanya korelasi positif dengan pertumbuhan alang-alang.

 

KHASIAT:

Rimpang: pelembut kulit; peluruh air seni, pembersih darah, penambah nafsu makan, penghenti perdarahan. di samping itu dapat digunakan pula dalam upaya pengobatan penyakit kelamin (kencing nanah, kencing darah, raja singa), penyakit ginjal, luka, demam, tekanan darah tinggi dan penyakit syaraf. Semua bagian tumbuhan digunakan sebagai pakan hewan,bahan kertas,dan untuk pengobatan kurap.

Manfaat Lainnya

Menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis

Penelitian awal menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung ekstrak alang-alang terbukti meningkatkan kepadatan tulang. Efek ini paling terasa pada wanita yang telah memasuki masa menopause dan mengidap osteoporosis.

Sebagai diuretik

Diuretik adalah kandungan pada alang-alang yang membuat tubuh lebih mudah mengeluarkan urine dari tubuh. Hal ini sangat berguna pada orang-orang yang mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti batu ginjal.

Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan silika membawa manfaat alang-alang lainnya berupa penyembuhan luka yang lebih cepat. Penelitian mengungkap salep yang mengandung ekstrak alang-alang bisa mengurangi kemerahan, bengkak, dan keluarnya nanah atau air dari luka dengan relatif lebih cepat.

Menyehatkan kuku

Silika yang terdapat pada alang-alang juga membuat tanaman liar ini sering dijadikan bahan campuran pada cat kuku alias kuteks. Silika disebut-sebut bisa mencegah kerusakan kuku, termasuk pada penderita psoriasis yang rentan mengalami kulit kering dan kuku pecah-pecah.

Mempercepat pertumbuhan rambut

Terakhir, kombinasi silika dan antioksidan membawa manfaat alang-alang sebagai obat herbal alami penumbuh rambut. Antioksidan berfungsi mengurangi peradangan kecil serta kerusakan rambut akibat paparan radikal bebas, sedangkan silikon dapat mengurangi kerontokan serta meningkatkan kilau rambut alami.

EFEK BIOLOGI dan FARMAKOLOGI

Infusa rimpang alang-alang berefek sebagai diuretika, atas dasar peningkatan konsentrasi elektrolit (Na,K,Cl) urin tikus putih jantan. Pemberian infusa akar alang-alang dengan dosis 40, 50, 60, 70 g/kgBB berefek antipiretik pada marmot. Infusa bunga alang-alang pada konsentrasi 10% dengan dosis 12 ml/ kgBB berefek antipiretik yang relatif sama dengan suspensi parasetamol 10% pada merpati. Uji Klinik: Dekokta akar alang-alang dengan dosis 250-300 g, 2 kali pagi dan sore dapat menyembuhkan 27 kasus dari 30 penderita nefritis akut. Pada nefritis kronis, herba alang-alang dapat mengurangi edema dan menurunkan tekanan darah. Dekokta herba 250 g dalam bentuk tunggal maupun dikombinasikan dengan rimpang dan daun Nelumbo nucifera dan daun Agrimonia pilosa dapat mengobati epistaksis (mimisan), hemoptisis (batuk darah), hematuri (kencing darah), menorrhagia, dan perdarahan gastrointestinal bagian atas. Di samping itu dilaporkan juga bahwa dekokta akar alang-alang dapat efektif untuk pengobatan hepatitis viral akut pada 28 kasus; biasanya digunakan bersama-sama dengan Plantago asiatica, Glechoma longituba dan tunas Artemisia capillaris.

Toksisitas: Pada pemakaian sesuai aturan,

Alanhar Gumay#Aspetri

Dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here